Ruang lingkup humas


 1 . Pengertian humas 

Humas, yaitu praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Pengertian lain dari humas adalah seni menciptakan pengertian publik yng baik ( good Will) sehingga bisa memperdalam  tingkat kepercayaan publik terhadap suatu individu/ organisasi .

a. Menurut the public society of America

Humas merupakan usaha yng di lakukan oleh organisasi untuk bisa mendapatkan kerja sama dengan, sekolompok orang , membantu organisasi melaksanakan interaksi yang efektif, serta melakukan aktivitas komunikasi dengan publik utama.

b.menurut internasional public relations assocition (ipra)

Humas adalah sebuah fungsi manajemen yng terencana dan berkelanjutan, organisasi induk dan lembaga swasta atau public yng bertunjuk untuk  mendapatkan pengertian, simpati,dan dukungan dari pihak pihak terkait atau yng memiliki hubungan dengan penelitian opini public di antara mereka.

C. Menurut public relations world conference

Humas adalah gabungan seni dan ilmu yng di pakai untuk  memprediksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberikan masukkan kepada pimpinan organisasi,serta melaksanakan rencana kegiatan yng telah di rencanakan untuk memberikan pelayanan pada kepentingan publik dan organisasi.

d. menurut the British institusi of public relations 

Humas adalah usaha terencana dan berkesinambungan yng di laksanakan untuk membina dan memelihara iktikad baik atau pun pengertian bersama di lapisan organisasi dengan masyarakat.

e. Menurut scoott m. Cultip dan allen H. Center

 Humas  merupakan fungsi manajemen yng bertugas memberikan penilaian terhadap sikap humas  mengidentifikasi kebijakan dan tata cara organisasi atau perorangan dalam  melayani  kepentingan publik , dan membuat rencana dan melakukan program untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan dari masyarakat.

F.menurut j.c. seidel

Humas adalah proses berkesinambungan dari usaha usaha  menejemen untuk bisa mendapatkan iktikad baik dan pengertian dari langganan, pegawai ,dan publik umum.

g . Menurut Howard bohham

Humas adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yng lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan publik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap sebuah lembaga. Atau organisasi.

2.perkembangan humas  Indonesia

Sejerah perkembangan humas di Indonesia secara konsepsional terjadi Pada tahun 1950-an saat itu berdiri organisasi humas pertama kali  di perusahaan perminyakan negara (Pertamina).

a . Periode 1 (tahun1962)

Secara resmi pembentukan humas di Indonesia terlahir melalui presidium kabinet  perdana  menteri juanda , yng menginstruksikan agar setiap instansi pemerintah harus membentuk bagian /divisi Humas.

b. Periode 2 (tahun 1967-1971)

Pada periode ini terbentuklah badan koordinasi kehumasan (bakohumas). tata kerja badan ini antara lain ikut serta dalam berbagi kegiatan dalam pembangunan, khususnya di bidang penerangan dan kehumasan serta melakukan pembinaan dan pengembangan profesi kehumasan.

C. Periode 3( tahun1972-1933)

Periode ini ditandai dengan munculnya humas di kalangan profesional pada lembaga swasta umum, dengan indikator sebagai berikut.

d. Periode 4( tahun1995-sekarang )

Periode ini public relations berkembang di kalangan swasta bidang profesional khusus (spesialisasi pr/humas bidang industri pelayanan jasa ,) dengan indikator sebagai berikut.

3. Latar belakang konsep humas 

Ada dua konsep yng menjadi latar di belakang perkembangan nya public relations , yakni dalam tinjauan bisnis suatu perusahaan yng meliputi :

a. Konsep tradisional dari suatu bisnis , mempunyai karakteristik tertutup. Terbatas dan bersifat eksternal.

b . Konsep modern dari suatu bisnis,mempunyai karakteristik terbuka, tersebar luas, dan ber sifat internal/eksternal.

a . Konsep tradisional tertutup 

b. Konsep tradisional terbatas 

C . Konsep tradisional eksternal 

d. Konsep modern terbuka

e konsep modern tersebar luas

f. Konsep modern internal dan eksternal

4. Tujuan humas

 Menurut Griswold tujuan public relations adalah untuk meningkatkan semangat kerja karyawan dan bagaimana membangun hubungan yng harmonis antara pimpinan  karyawan yng menekankan pada internal publik.

5.tugas dan kegiatan humas 

Secara umum tugas utama humas adalah mempromosikan pengertian dan pngentahuan akan semua fakta tentang urutan situasi sehingga organisasi mendapatkan simpati dari situasi atau kejadian tersebut.

a. Menciptakan kesan 

b.pengetahuan pengertian 

C. Menciptakan ketertarikan (interrest)

d. Penerimaan

e. Simpati 

6 fungsi humas

Humas atau hubungan masyarakat dalam organisasi memegang peranan penting. Begitu banyak peran atau fungsi humas dalam organisasi sehingga di perlukan orang orang yng berkoponten untuk menjalankan fungsi humas ini.

7. Peran humas 

Peranan humas tentu sangat kruasi bagi sebuah organisasi. Humas menciptakan citra baik organisasi, mengomunasika segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada public klien ,maupun investor

8.macam macam humas public relations memiliki tujuan menciptakan, memepertahan kan memperluas dan juga melindungi citra perusahaan. Selian itu humas juga berperan dalam menampilkan citra citra maupun dalam proses pencapaian tujuan dari organisasi atau perusahaan yng bersangkutan . Adapun macam macam , sebagai berikut.

a. Humas pemerintah adalah humas yng di bentuk dengan tujuan untuk membulikasikan  atau memepromosikan kebijakan kebijakan pemerintah.

b. Humas industri dan bisnis 

Humas industri dan bisnis adalah humas yng di bentuk dalam kegiatan industri dan bisnis yng segalanya besar dengan tujuan untuk menjaring masyarakat dalam hal target marketing maupun pengaruh kebijakan perusahaan.

9.aspek aspek humas 

Public relations sebagai alat menejemen modern maka secara struktural merupakan bagian integral dari suatu kelembagaan atau organisasi, artinya public relations bukanlah merupakan fungsi yng Ter pisah dari fungsi kelembagaan atau organisasi tersebut.


Komentar